Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (2024)

Mas Bellboy

14 Jan 2021 - 5 min read

Keajaiban Dunia

Keajaiban Dunia - Siapa yang tak mengenal tujuh keajaiban dunia? Sejak kecil, kita diajarkan bahwa tujuh keajaiban dunia meliputi Piramida, Patung Liberty, Menara Eiffel, Menara Miring Pisa, Akropolis, Tanah Merah Rusia, dan Candi Borobudur.

Namun, yang kurang diketahui banyak orang adalah bahwa daftar tujuh keajaiban dunia ini telah lama diperbarui. Diketahui bahwa daftar asli tujuh keajaiban itu disusun pada abad ke-2 SM dan beberapa tahun sekali akan direvisi. Kemudian pada tahun 2000, sebuah yayasan di Swiss mengadakan kampanye untuk menentukan tujuh keajaiban dunia yang baru.

Berdasarkan jurnal Britannica yang melibatkan 100 juta responden di seluruh dunia, mereka sepakat untuk mengupdate tujuh keajaiban dunia yang ada. Melalui proses pemungutan suara yang panjang, akhirnya pada tahun 2007 diumumkan tujuh keajaiban dunia yang baru. Dengan demikian, ada tujuh keajaiban dunia baru yang luar biasa dan layak untuk dikunjungi sekali seumur hidup. Apa saja tujuh keajaiban baru tersebut? Mari kita jelajahi dalam artikel Traveloka berikut ini!

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (1)

Reruntuhan Suku Maya di Chichén Itzà

Chichén Itzá merupakan sebuah kota yang dibangun oleh suku Maya dan terletak di sem*nanjung Yucatán, Meksiko. Berdasarkan catatan sejarah, kota ini mulai berkembang pada abad ke-9 dan ke-10 Masehi. Saat mengunjungi salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini, kamu akan menemukan sejumlah monumen dan kuil dengan arsitektur yang dipengaruhi oleh suku Itza dan Toltec. Di antara banyak kuil dan monumen yang ada, kamu dapat mengunjungi Piramida El Castillo (the castle) yang merupakan bangunan paling ikonik dengan ketinggian mencapai 24 meter!

Sebagai bukti kemampuan astronomi suku Maya, Piramida El Castillo memiliki 365 anak tangga, sesuai dengan jumlah hari dalam setahun matahari. Bagi penduduk setempat pada zaman kuno, Chichén Itzá juga merupakan rumah bagi tlachtli (lapangan olahraga kuno) terbesar. Di lapangan ini, penduduk dapat bermain permainan bola ritual yang sangat populer di seluruh Mesoamerika pada masa pra-Columbus.

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (2)

Tembok Besar Cina

Bagi pecinta karya arsitektur megah dan bersejarah, Tembok Besar Cina bisa menjadi salah satu tujuan wajib dalam daftar 7 keajaiban dunia yang harus dikunjungi. Secara umum, Tembok Besar Cina diperkirakan memiliki panjang sekitar 8.850 kilometer, meskipun penelitian di Cina menyatakan bahwa panjang sebenarnya mencapai 21.200 kilometer. Proyek pembangunan Tembok Besar Cina sendiri dimulai sejak abad ke-7 SM dan berlanjut selama 2 milenium.

Meskipun dikenal sebagai "dinding", tembok ini sebenarnya terdiri dari dua struktur paralel yang panjangnya memanjang. Selain itu, Tembok Besar Cina dilengkapi dengan menara pengawas dan barak pasukan yang melekat pada struktur paralel tersebut. Meskipun tujuan pembangunan awalnya diyakini untuk mencegah invasi dan menjaga keamanan, beberapa ahli berpendapat bahwa pembangunan Tembok Besar Cina juga memiliki motif politik propaganda.

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (4)

Machu Picchu di Peru

Bagi kamu yang suka melihat keindahan alam sambil hiking, salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini merupakan pilihan yang sempurna untuk dikunjungi. Machu Picchu, sebuah situs bersejarah yang dimiliki oleh suku Inca, terletak dekat dengan kota Cuzco, Peru. Ditemukan pada tahun 1911 oleh Hiram Bingham, yang awalnya menganggapnya sebagai Vilcabamba, benteng rahasia yang digunakan oleh suku Inca selama pemberontakan abad ke-16 terhadap Spanyol.

Meskipun klaim ini kemudian ditolak, tujuan sebenarnya dari pembangunan Machu Picchu masih menjadi misteri bagi arkeolog dan akademisi. Bingham sendiri percaya bahwa situs itu adalah tempat tinggal dari "Perawan Matahari" - wanita yang dikabarkan hidup dalam kesucian. Namun, ada juga pandangan lain yang menganggap Machu Picchu sebagai tempat ziarah atau tempat peristirahatan bagi raja.

Meskipun Machu Picchu terletak di ketinggian yang relatif tinggi di pegunungan Andes, situs ini memiliki teras pertanian, alun-alun, kuil, dan wilayah pemukiman yang cukup besar. Hingga saat ini, Machu Picchu tetap menjadi bangunan kuno yang hampir utuh yang ditemukan dari masa pra-Colombus.

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (5)

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan dekat Machu Picchu dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

Book Now

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (6)

Petra di Yordania | Sumber gambar: Wikipedia

Salah satu tujuan lain dari tujuh keajaiban dunia yang dapat kamu kunjungi adalah Petra. Kota kuno yang terletak di Yordania ini tersembunyi di dalam lembah yang dikelilingi oleh batu pasir, pegunungan, dan tebing. Sebagai salah satu keajaiban dunia, Petra, yang diyakini sebagai tempat di mana Musa membuat keajaiban dengan memecahkan batu dan membuat air terjun, menawarkan pemandangan alam yang sangat unik. Gabungan pasir, batu, dan pegunungan yang indah dari destinasi keajaiban dunia ini sangat coco*k bagi mereka yang mencari pengalaman wisata dengan pemandangan yang luar biasa.

Petra sendiri dijadikan ibu kota oleh suku Arab dan Nabatean pada abad ke-4 SM, dan menjadi pusat perdagangan yang penting untuk rempah-rempah. Pada masa itu, populasi penduduknya diperkirakan mencapai 30.000 orang, dan mereka membangun sistem pengairan yang menghasilkan lahan pertanian yang subur.

Meskipun kota kuno ini awalnya terkenal sebagai pusat perdagangan, namun kemudian ditinggalkan karena pergeseran jalur perdagangan. Selain itu, gempa bumi yang dahsyat pada tahun 363 M dan 551 M membuat warga Petra mulai mengalami kesulitan dalam kelangsungan hidup mereka, yang menyebabkan kota ini ditinggalkan secara perlahan-lahan. Meskipun telah ditemukan pada tahun 1912, Petra sempat diabaikan oleh para arkeolog hingga abad ke-20.

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (7)

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan dekat Reruntuhan Petra dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

Book Now

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (8)

The Colosseum di Roma | Sumber gambar: Wikipedia

Keajaiban dunia yang baru ini pasti sudah tidak asing lagi bagi penggemar film dan sejarah Romawi Kuno. Colosseum, yang terletak di Roma dan dibangun pada abad pertama oleh Kaisar Vespasian, adalah salah satu contoh arsitektur yang mengagumkan. Bangunan amfiteater raksasa ini memiliki dimensi 189 meter kali 156 meter, mencerminkan prestasi teknik yang luar biasa untuk sebuah bangunan zaman itu, dengan sistem kubah yang kompleks.

Colosseum dapat menampung hingga 50.000 penonton yang datang untuk menyaksikan berbagai pertunjukan, termasuk pertarungan gladiator yang terkenal. Bagi pecinta seni teater dan sejarah Romawi, penting untuk memasukkan Colosseum dalam daftar liburan Anda.

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (9)

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan dekat Colosseum dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

Book Now

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (10)

Taj Mahal merupakan keajaiban dunia yang sangat coco*k dikunjungi bagi kamu yang menyukai arsitektur megah dan taman yang indah. Terletak di kompleks mausoleum di Agra, India, Taj Mahal dianggap sebagai salah satu monumen paling ikonik di dunia dan merupakan contoh terbaik arsitektur Mughal.

Dibangun antara tahun 1628 dan 1658 oleh Kaisar Shah Jahān sebagai penghormatan kepada istrinya Mumtāz Maḥal yang meninggal pada tahun 1631 saat melahirkan anak ke-14 mereka, pembangunan Taj Mahal memakan waktu 22 tahun dan melibatkan sekitar 20.000 pekerja. Selama pembangunannya, dibuatlah kompleks yang luas termasuk taman yang indah dan kolam refleksi.

Monumen makam ini dibangun dari marmer putih dengan menggunakan batu semi mulia yang membentuk pola geometris dan bunga. Selain itu, kubah utama yang megah dikelilingi oleh empat kubah kecil.

Meskipun ada laporan yang menyatakan bahwa Kaisar Shah Jahan berkeinginan untuk memiliki makamnya sendiri yang dibuat dari marmer hitam, rencana tersebut tidak pernah terealisasi karena kekuasaannya berakhir ketika digulingkan oleh salah satu putranya sebelumnya.

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (11)

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan dekat Taj Mahal dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

Book Now

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (12)

Christ the Redeemer di Brazilia | Sumber gambar: Wikimedia

Bagi penggemar seni patung kuno, terutama yang bercorak Art Deco, kamu harus mengunjungi patung Christ The Redeemer. Patung Christ The Redeemer ini termasuk dalam tujuh keajaiban dunia yang baru. Patung Yesus yang monumental ini berdiri di puncak Gunung Corcovado di Rio de Janeiro dan dibuat setelah Perang Dunia I, saat orang Brazil mengalami ketakutan akan "gelombang ketidak-tuhanan".

Karena kekhawatiran tersebut, masyarakat Brazil mengusulkan pembangunan patung yang akhirnya dirancang oleh Heitor da Silva Costa, Carlos Oswald, dan Paul Landowski. Konstruksi dimulai pada tahun 1926 dan selesai lima tahun kemudian. Monumen yang dihasilkan memiliki ketinggian 30 meter (tanpa alas yang tingginya sekitar 8 meter) dan lebar jangkauan tangan mencapai 28 meter.

Untuk mendapatkan pengalaman kunjungan yang tak terlupakan, disarankan untuk mengunjungi keajaiban dunia ini pada bulan Februari ketika Carnival of Brazil berlangsung, yaitu sebuah festival yang meriah dan menjadi favorit para wisatawan.

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (13)

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan dekat patung Christ The Redeemer dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

Book Now

Baca juga: Menjelajahi Landmark di Dunia paling Ikonik

Gimana? Apakah kamu pernah mendengar ketujuh keajaiban dunia baru di atas? Dengan berbagai keunikan dan keindahan yang berbeda-beda, ketujuh tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan liburan kamu! Ayo segera rencanakan liburan kamu sekarang bersama Traveloka!

Selain membantu kamu dalam menemukan penawaran hotel terbaik di seluruh dunia, Traveloka juga dapat membantu kamu dalam memesan tiket pesawat serta menawarkan berbagai penawaran menarik dari Traveloka Eats dan Traveloka Xperience melalui Traveloka App! Saatnya menjelajahi dan #LihatDuniaLagi bersama Traveloka, Your Lifestyle Super App! Semoga informasi mengenai 7 keajaiban dunia di atas bermanfaat untuk perjalanan liburanmu!

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (14)

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (15)

Menjelajahi Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru! #LihatDuniaLagi (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Rueben Jacobs

Last Updated:

Views: 6590

Rating: 4.7 / 5 (57 voted)

Reviews: 80% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rueben Jacobs

Birthday: 1999-03-14

Address: 951 Caterina Walk, Schambergerside, CA 67667-0896

Phone: +6881806848632

Job: Internal Education Planner

Hobby: Candle making, Cabaret, Poi, Gambling, Rock climbing, Wood carving, Computer programming

Introduction: My name is Rueben Jacobs, I am a cooperative, beautiful, kind, comfortable, glamorous, open, magnificent person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.