China: Ancaman mata-mata China kian meningkat, mengapa negara-negara Barat kesulitan untuk mengimbanginya? - BBC News Indonesia (2024)

China: Ancaman mata-mata China kian meningkat, mengapa negara-negara Barat kesulitan untuk mengimbanginya? - BBC News Indonesia (1)

Sumber gambar, Getty Images

Informasi artikel

Selama bertahun-tahun, agen mata-mata Barat telah menyatakan perlunya fokus pada China. Baru-baru ini, kepala badan intelijen GCHQ Inggris menggambarkan hal ini sebagai "tantangan yang menentukan zaman".

Ini menyusul serangkaian penangkapan di sejumlah negara-negara Barat terhadap orang-orang yang dituduh melakukan spionase dan peretasan untuk China.

Dan pada 13 Mei, duta besar China di London dipanggil oleh Kementerian Luar Negeri Inggris, setelah tiga orang dituduh membantu badan intelijen Hong Kong.

Negara-negara Barat – Amerika Serikat dan sekutunya – bertekad untuk melakukan perlawanan.

Namun para pejabat senior khawatir negara-negara Barat tidak menanggapi tantangan China dengan cukup serius dan tertinggal dalam hal intelijen, sehingga membuat negara-negara Barat lebih rentan terhadap mata-mata Beijing, dan kedua belah pihak berisiko mengalami kesalahan perhitungan yang berpotensi menimbulkan bencana besar.

Lewatkan Artikel-artikel yang direkomendasikan dan terus membaca

Artikel-artikel yang direkomendasikan

Akhir dari Artikel-artikel yang direkomendasikan

Yang menjadi perhatian para pejabat Barat adalah tekad Presiden China Xi Jinping bahwa Beijing akan membentuk tatanan baru dalam kancah internasional.

“Pada akhirnya mereka bercita-cita untuk menggantikan Amerika Serikat sebagai kekuatan utama,” kata kepala MI6, Sir Richard Moore, kepada saya dalam sebuah wawancara di kantornya untuk serial baru BBC tentang China dan Barat.

Namun meski sudah bertahun-tahun mengeluarkan peringatan, badan intelijen Barat hingga saat ini masih kesulitan untuk memusatkan perhatian mereka pada aktivitas China.

Nigel Inkster, orang nomor dua di MI6 ketika ia pensiun pada tahun 2006, mengatakan kemunculan China sebagai kekuatan global yang besar "terjadi pada saat ada banyak kesibukan lain".

Ketika Beijing naik ke panggung dunia pada tahun 2000an, pemikiran para pembuat kebijakan dan pejabat keamanan Barat – dan fokus badan intelijen – didominasi oleh apa yang disebut perang melawan teror dan intervensi militer di Afghanistan dan Irak.

China: Ancaman mata-mata China kian meningkat, mengapa negara-negara Barat kesulitan untuk mengimbanginya? - BBC News Indonesia (2)

Sumber gambar, Getty Images

Baru-baru ini, kebangkitan Rusia dan sekarang perang Israel-Gaza telah menimbulkan tantangan yang lebih mendesak, demikian pengakuan para pejabat di AS dan Eropa.

Pada saat yang sama, ada tekanan dari pemerintah dan dunia usaha untuk fokus mengamankan akses ke pasar Tiongkok yang besar, dibandingkan menghadapi risiko keamanan yang ditimbulkannya.

Para pemimpin politik sering kali memilih agar kepala intelijen mereka tidak menyebut nama China. Dan para pelaku bisnis juga memilih untuk tidak mengakui bahwa rahasia mereka menjadi sasaran.

“Pendulum memang berayun sangat jauh ke arah kepentingan ekonomi dan komersial,” kata Nigel Inkster.

  • Apa dampak dua tahun Perang Ukraina terhadap hubungan China dan Rusia?

  • Bagaimana China membantu Iran mengatasi sanksi minyak AS

  • 'Kami dapat melihat wajah mereka dari jarak dekat' - Kesaksian wartawan BBC menumpang kapal Filipina dan dikejar kapal patroli China

Lewati Podcast dan lanjutkan membaca

Investigasi: Skandal Adopsi

Investigasi untuk menyibak tabir adopsi ilegal dari Indonesia ke Belanda di masa lalu

Episode

Akhir dari Podcast

Intelijen China sudah terlibat dalam spionase industri pada tahun 2000-an, katanya, namun perusahaan-perusahaan Barat biasanya diam saja.

“Mereka tidak mau melaporkannya karena takut hal itu akan membahayakan posisi mereka di pasar China,” katanya.

Tantangan besar lainnya adalah cara kerja mata-mata China yang berbeda dengan mata-mata Barat. Hal ini membuat aktivitasnya lebih sulit untuk dikenali dan dikonfrontasi.

Seorang mantan mata-mata Barat mengatakan bahwa dia pernah mengatakan kepada rekannya di China bahwa China melakukan "jenis mata-mata yang salah".

Maksudnya adalah bahwa negara-negara Barat lebih memilih untuk fokus pada pengumpulan intelijen yang dapat membantu mereka memahami musuh-musuh mereka. Namun mata-mata China memiliki prioritas berbeda.

Melindungi posisi Partai Komunis adalah hal yang penting.

“Stabilitas rezim adalah tujuan nomor satu mereka,” jelas Roman Rozhavsky, pejabat kontra intelijen FBI.

Hal ini memerlukan tercapainya pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, mata-mata China menganggap perolehan teknologi Barat sebagai persyaratan utama keamanan nasional.

Mata-mata Barat mengatakan rekan-rekan mereka di Beijing berbagi informasi yang mereka kumpulkan dengan perusahaan-perusahaan milik negara Tiongkok, dengan cara yang tidak dilakukan oleh badan intelijen Barat dengan perusahaan-perusahaan dalam negeri mereka sendiri.

'Perlakuan khusus'

"Badan saya lebih sibuk dibandingkan yang pernah kami alami dalam 74 tahun sejarah kami,” Mike Burgess, kepala Organisasi Keamanan dan Intelijen Australia (Asio) menjelaskan kepada saya.

“Saya jarang menghubungi negara-negara lain karena jika menyangkut spionase langsung, kami melakukannya terhadap mereka,” kata Burgess kepada saya.

“Spionase komersial adalah masalah yang sama sekali berbeda, dan itulah mengapa China mendapatkan perlakuan khusus dalam hal ini.”

Dia mengakui bahwa negara-negara Barat lambat dalam memahami ancaman ini.

“Saya pikir hal ini sudah berlangsung lama dan secara kolektif kita telah melewatkannya,” akunya.

Kami duduk bersama pada bulan Oktober lalu di California, tempat ia mengambil bagian dalam penampilan publik pertama yang dilakukan oleh kepala keamanan yang disebut Five Eyes – aliansi berbagi intelijen yang terdiri dari AS, Inggris, Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

China: Ancaman mata-mata China kian meningkat, mengapa negara-negara Barat kesulitan untuk mengimbanginya? - BBC News Indonesia (3)

Sumber gambar, FBI

Pertemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini merupakan upaya yang disengaja untuk meningkatkan volume peringatan mengenai China karena ketakutan bahwa banyak perusahaan dan organisasi masih tidak mendengarkan.

Lokasi di Silicon Valley juga dipilih dengan cermat - menyoroti upaya China untuk mencuri teknologi, terkadang melalui spionase dunia maya dan terkadang melalui perekrutan orang dalam.

Sumber daya China untuk hal ini berada pada skala yang berbeda.

Seorang pejabat intelijen Barat memperkirakan Tiongkok memiliki sekitar 600.000 orang yang bekerja di bidang intelijen dan keamanan, lebih banyak dibandingkan negara lain mana pun di dunia.

Badan keamanan Barat tidak bisa menyelidiki setiap kasus. Menurut badan intelijen Inggris MI5, lebih dari 20.000 orang di Inggris saja telah didekati melalui situs jaringan profesional seperti LinkedIn oleh mata-mata China untuk membina hubungan.

  • Di balik tambang mineral milik China yang menggurita di Indonesia, Argentina, dan Kongo

  • Indonesia-China siapkan proyek satu juta hektare sawah di Kalteng - Ulangi kegagalan 'food estate' Soeharto?

  • Kesaksian para pekerja asal Korea Utara di China yang ‘dieksploitasi layaknya budak’

“Orang-orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya berkorespondensi dengan petugas intelijen dari negara lain – namun pada akhirnya mereka menyebarkan informasi yang merusak masa depan perusahaan mereka sendiri,” kata kepala MI5, Ken McCallum, pada pertemuan di California.

Ini adalah kampanye “epik”, kata Ken McCallum, yang dapat menimbulkan implikasi keamanan nasional yang serius, serta konsekuensi ekonomi.

Meskipun sebagian besar aparat China berfokus pada pengawasan dalam negeri, China juga menggunakan mata-matanya untuk membatasi kritik terhadap tindakannya di luar negeri.

Baru-baru ini, terdapat laporan mengenai mata-mata China yang menargetkan politik Barat, dengan penangkapan di Inggris, Belgia, dan Jerman, serta penyelidikan yang sedang berlangsung di Kanada.

Ada laporan mengenai “kantor polisi luar negeri” China di Eropa dan Amerika.

Ketika berurusan dengan pembangkang Tiongkok di Barat, para pejabat keamanan mengatakan petugas intelijen Beijing biasanya bertindak dari jarak jauh dibandingkan menggunakan mata-mata secara fisik di lapangan – dengan menyewa penyelidik swasta atau melakukan panggilan telepon yang mengancam.

China: Ancaman mata-mata China kian meningkat, mengapa negara-negara Barat kesulitan untuk mengimbanginya? - BBC News Indonesia (4)

Sumber gambar, Getty Images

Faktanya, insiden dunia maya pertama yang menargetkan sistem pemerintahan Inggris pada awal tahun 2000-an bukan berasal dari Rusia melainkan China dan ditujukan untuk mengumpulkan informasi mengenai para pembangkang di luar negeri seperti kelompok Tibet dan Uighur.

Australia berada di garis terdepan yang khawatir akan campur tangan politik. Organisasi Keamanan dan Intelijen Australia (Asio) mengatakan pihaknya mulai mendeteksi aktivitas mulai sekitar tahun 2016, termasuk mempromosikan kandidat dalam pemilu.

"Mereka mencoba untuk memaksakan agenda mereka, yang merupakan hak mereka. Kami hanya tidak ingin mereka memaksakannya melalui cara-cara terselubung," kata Mike Burgess kepada BBC.

Australia mengeluarkan serangkaian undang-undang baru yang bertujuan untuk melawan hal ini pada tahun 2018.

Pada Januari 2022, MI5 di Inggris mengeluarkan peringatan campur tangan yang tidak biasa yang menuduh pengacara yang berbasis di Inggris Christine Lee telah menyumbang ke sejumlah partai politik Inggris sebagai bagian dari kampanye untuk memajukan agenda Beijing.

Dia saat ini sedang mengajukan kasus hukum terhadap MI5 atas klaim tersebut.

Baru pada 2023 silam Inggris mengesahkan Undang-Undang Keamanan Nasional baru yang memberikan kewenangan baru untuk menangani campur tangan dan aktivitas lain yang dilakukan negara asing. Kritikus berpendapat kebijakan itu datang terlambat.

  • Tiga kunci memahami likuidasi Evergrande, raksasa properti China dengan utang Rp5.202 triliun

  • Tiga gembong asal China 'biang keladi' bisnis penipuan online ditangkap

  • Setumpuk masalah di balik investasi China - 'Demam nikel membuat pemerintah kehilangan akal sehat'

Tentu saja negara-negara Barat memata-matai China, sama seperti China memata-matai negara-negara Barat.

Namun pengumpulan intelijen mengenai Tiongkok merupakan tantangan unik bagi badan intelijen Barat seperti MI6 dan CIA.

Sifat pengawasan yang meluas di dalam negeri, berkat pengenalan wajah dan pelacakan digital, membuat model tradisional kecerdasan manusia – bertemu agen secara tatap muka – hampir mustahil dilakukan.

China menyapu jaringan besar agen CIA satu dekade lalu. Dan secara teknis negara ini juga merupakan target yang sulit bagi GCHQ dan Badan Keamanan Nasional AS (NSA), yang menyadap komunikasi dan mengumpulkan data intelijen digital, sebagian karena mereka menggunakan teknologi mereka sendiri, bukan teknologi Barat.

“Kami benar-benar tidak tahu bagaimana pendapat politbiro [China],” seorang pejabat Barat mengakui.

China: Ancaman mata-mata China kian meningkat, mengapa negara-negara Barat kesulitan untuk mengimbanginya? - BBC News Indonesia (5)

Sumber gambar, Getty Images

Kesenjangan pengetahuan ini dapat menimbulkan kesalahpahaman dan membawa risiko yang serius.

Dalam Perang Dingin, ada masa-masa ketika negara-negara Barat gagal memahami betapa tidak amannya Moskow. Akibatnya, kedua belah pihak nyaris mengalami perang besar yang tidak diinginkan oleh keduanya.

Risiko kesalahan perhitungan serupa juga terjadi saat ini, terutama terkait keinginan Tiongkok untuk mendapatkan kembali kendali atas Taiwan.

Ada juga ketegangan yang meningkat di Laut Cina Selatan dimana eskalasi yang tidak disengaja dapat menyebabkan konflik.

“Di dunia yang penuh persaingan dan berbahaya ini, kita harus selalu khawatir akan konflik dan kita harus berusaha menghindarinya,” kata Sir Richard Moore, kepala MI6, kepada saya.

“Khususnya ketika Anda memiliki kekuatan yang mungkin tidak selalu memahami satu sama lain sebagaimana mestinya, di situlah peran saya.”

  • Gempa guncang China, lebih dari 100 orang tewas di wilayah Barat Laut

  • Forest City: Menengok ke dalam ‘kota hantu’ buatan China di Malaysia

  • Mengapa makin banyak perempuan China memilih melajang dan tak punya anak?

Peran MI6, katanya, adalah memberikan informasi intelijen yang diperlukan untuk menavigasi potensi risiko.

“Kesalahpahaman berdasarkan definisi selalu berbahaya – selalu lebih baik bila Anda memiliki saluran komunikasi terbuka dan ketika Anda memiliki wawasan tentang niat orang-orang yang bersaing dengan Anda,” katanya.

Hal ini menjadikan memastikan adanya saluran komunikasi terbuka sebagai prioritas.

MI6 memang memiliki kontak dengan rekan-rekan Tiongkok atas ancaman teroris. Dan fakta bahwa beberapa kontak militer ke militer kini telah dimulai kembali antara AS dan Tiongkok telah disambut secara luas.

Meskipun kontak militer dan diplomatik yang lebih besar antara Beijing dan Washington telah berhasil menurunkan suhu dalam beberapa bulan terakhir, dampak jangka panjangnya terus memberikan peringatan.

Dan semua pengungkapan mengenai kegiatan mata-mata berisiko memicu ketidakpercayaan dan ketakutan di kalangan masyarakat di kedua belah pihak yang pada gilirannya dapat membatasi ruang untuk bermanuver dalam suatu krisis.

Menemukan cara untuk hidup bersama - dan memahami - satu sama lain akan sangat penting untuk menghindari hubungan yang berubah menjadi konflik yang mematikan.

China: Ancaman mata-mata China kian meningkat, mengapa negara-negara Barat kesulitan untuk mengimbanginya? - BBC News Indonesia (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Otha Schamberger

Last Updated:

Views: 5629

Rating: 4.4 / 5 (75 voted)

Reviews: 90% of readers found this page helpful

Author information

Name: Otha Schamberger

Birthday: 1999-08-15

Address: Suite 490 606 Hammes Ferry, Carterhaven, IL 62290

Phone: +8557035444877

Job: Forward IT Agent

Hobby: Fishing, Flying, Jewelry making, Digital arts, Sand art, Parkour, tabletop games

Introduction: My name is Otha Schamberger, I am a vast, good, healthy, cheerful, energetic, gorgeous, magnificent person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.